Jumat, 07 Juni 2013

Tip daihatsu zebra saat hujan

Daihatsu Zebra Aman di Musim Hujan
Thursday, February 2, 2012
Daihatsu Zebra Aman di Musim Hujan
Musim penghujan tak jarang membawa masalahtersendiri bagi pemilik mobil. Apalagi jika melintasi jalan-jalan yang langganan tergenangair saat hujan. Kebanyakan mobil tidak menghadapi kendala serius kalau melewati genangan air, namun beberapa jenis mobil punya kelemahan. Sedikit saja melewati batas ketinggian genangan yang diizinkan, mobil bakal mogok.
Daihatsu Zebra Aman di Musim Hujan
Salah satu jenis mobil yang termasuk rawan jika harus melewati genangan air adalah Daihatsu Zebra . Mobil yang satu ini tak tahan banjir karena posisi delco distributor posisinya cukup rendah. Letak jantungpengapian mesin mobil ini tingginya kira-kira di atas lutut dengan posisi horizontal alias tidur, di sebelah kirimesin.
Menurut Iwan, Mekanik Sarwono Putra Motor di Jalan Slamet Riyadi 274 Kartasura (timur PT. Suwastama) posisi ini membuat delco bisa kemasukan air jika menerjang genangan air yang tinggi. "Kalau sudah masuk ya akan mbrebet lalu mogok. Karena yang diserang adalah pengapiannya. Sebenarnya air tidak masuk secara frontal tapi menyebabkan pengembunandi dalam tutup delco," katanya.
Solusi yang bisa diambil menurut Iwan umumnya membungkus delco dengan kantong plastik. Meski sederhana cara ini juga cukup membantu pemilik mobil. "Bisa membantu kalau hujan-hujan begini. Gunanya untuk melindungi delco dari guyuran air. Secara teknis nggak menganggu kerja pengapian," ujarnya. Jika sudah terlanjur kemasukan air, cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah.
Berbekal kunci 8, lap kering dan tisu, pemilik mobil tinggal membuka tutup delco lalu mengeringkan bagian dalamnya. "Tapi harus benar-benar kering, kalau masih lembab jangan dipasang dulu," jelas Iwan. Setelah kering, biasanya mobil bisa berjalan normal kembali. Selain cara sederhana tadi, Daihatsu sebenarnya sudah menyediakan alat khusus yang biasadisebut antimo.
Alat ini berupa pipa kecil yang ditancapkan pada lubanghawa delco. Alat ini bisa didapatkan gratis di tempat service resmi Daihatsu. Antimo bisa mencegah air masuk melalui lubang hawa delco. Akan lebih aman lagijika pemilik mobil memasang mudguard pada roda terutama bagian depan kiri. Mudguard akan melindungicipratan air dari ban langsung ke delco. Sebuah plat besi juga bisa dipasang di bawah delco sebagai benteng penghadang air. Jika antimo sudah terpasang rapat dan kencang, serta pelindung-pelindung lain sudah ditambahkan, Daihatsu Zebra tak bikin anda was-was lagi menerjang genangan air dan membuat Daihatsu Zebra Aman di Musim Hujan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar